Workshop Batik Ikutsertakan Puluhan Siswa SD

Puluhan siswa sekolah dasar hari Senin 6 April 2009 mengikuti workshop membatik yang diadakan Museum Batik. Mereka nampak menikmati betul pengalaman baru mereka membatik. Sebab sebelumnya mereka sendiri tidak pernah mengenal bagaimana cara membuat batik.

Menurut Direktur Publikasi dan Pengembangan Museum Batik Zahir Widadi, workshop membatik yang diterapkan untuk siswa SD ini bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan salah satu aset budaya lokal, Batik.

Dia mengatakan sejauh ini minat masyarakat khususnya pelajar masih cukup tinggi. Bahkan dalam beberapa waktu lalu pihaknya sempat mengalami kesulitan dalam menyediakan bahan untuk workshop. Untuk alasan itulah pihaknya dalam workshop kali ini pihaknya menggaet Kedutaan Besar Jerman dalam pengadaan bahan workshop tersebut.

Zahir menambahkan dalam pengelolaan Museum Batik ini pihaknya masih terus mengupayakan untuk menjalin kerja sama dengan pihak-pihak luar. Termasuk para pakar batik. Dia menjanjikan dalam penyelenggaraan Pekan Batik Internasional 29 April - 3 Mei 2009 mendatang, pihaknya akan mendatangkan beberapa pakar Batik untuk ikut mengkaji Batik koleksi Museum Batik.

Komentar