Kawasan Pantura Rentan Terjadi Konflik

Semarang, Pelaksanaan Pilkada gubernur Jawa Tengah 2008 yang akan diselenggarakan bulan Juni mendatang masih dimungkinkan akan terjadinya konflik horizontal antar kelompok pendukung calon gubernur Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan pengalaman pemilu tahun 2004 yang lalu telah memberikan sedikit gambaran mengenai potensi tersebut. Khususnya di kawasan Pantura seperti Pekalongan, Jepara, Rembang dan beberapa kawasan lainnya.

Menurut Ketua Panwas Pilkada provinsi Jawa Tengah Sriyanto Saputro, pihaknya akan melakukan pemetaan daerah-daerah rawan konflik hingga ke tingkat kelurahan maupun desa. Selain itu, panwas berjanji akan melakukan pemetaan kemungkinan terjadinya pelanggaran-pelanggaran.

Lebih lanjut Sriyanto Saputro mengungkapkan, munculnya konflik ini lebih dikarenakan kultur masyarakat setempat yang cenderung akan memanas. Selain kawasan Pantura, Sriyanto Saputro juga akan melakukan pemantauan di kawasan Solo yang disinyalir merupakan kawasan yang memiliki temperamen politik yang cukup panas. "Di sinilah bagaimana kita dari pendekatannya, terutama panwas dari sisi pengawasannya. Sehingga perlakuannya akan lebih berbeda dan sangat berhati-hati." jelas Sriyanto. [Ribut Achwandi_Reporter Trijaya FM Semarang]

Komentar