01 Mei 2008

Buruh Gelar Aksi Seni

Jum'at, 25 April 2008 | 11:55 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:-- Para buruh punya cara tersendiri untuk mengekspresikan peringatan Hari Buruh yang jatuh pada Mei mendatang. Tak melulu melakukan aksi keras, mereka juga bisa unjuk rasa di atas panggung. Lewat acara kesenian bertajuk "Sehari Bersama Kesenian Buruh", mereka menggelar panggung musik ala kadarnya di Halaman Teater Taman Ismail Marzuki, Rabu lalu.

Acara yang merupakan rangkaian agenda menyongsong May Day 2008 ini murni disokong kocek para buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Carrefour Indonesia (SPCI) dan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia.

"Pergelaran acara kesenian ini menjadi perekat solidaritas dan menyatukan barisan meminta kebijakan," ujar Ketua SPCI Abdul Rahman. Kebijakan yang diminta para buruh ini tampaknya tak berubah dari tuntutan setahun lalu, yakni penghapusan sistem kontrak, penolakan upah murah, pencabutan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, dan penolakan pemutusan hubungan kerja secara massal.

Panggung yang identik dengan kostum SPCI berwarna merah ini pun dihiasi secara sederhana. Bahkan dua buah sapu lidi bisa dibuat sebagai hiasan di sudut panggung. Tiap-tiap buruh dari berbagai wilayah, dengan sukarela naik ke atas panggung untuk beradu aksi. Ada yang bersolo gitar, membaca puisi, dan memainkan musik. l AGUSLIA HIDAYAH

sumber: www.tempointeraktif.com

Tidak ada komentar:

Self Potrait

Indonesia Raya

My Beauty Momment

My Movie

Potret Diri

Jendela Hati

Jendela Hati
Ketika ungkapan tak cukup mewakili kata, Hanya mata kita yang mampu mengetuk hati yang sunyi oleh kebisuan. Dan biar saja sepi terus mengalunkan nada sendu. Sebab, mungkin tak ada kata yang paling tepat untuk membahasakannya. Tentang apapun itu......