Menteri Pekerjaan Umum Pantau Jalur Pantura

SEMARANG, Kesiapan kondisi jalan sepanjang jalur Pantura Jawa menjelang datangnya musim mudik lebaran mendatang nampaknya mulai menjadi perhatian khusus bagi pemerintah. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kegiatan pantauan jalan yang dilakukan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto hari ini (Jumat, 5/9 2008) yang menyusur sepanjang jalur Pantura Jakarta-Surabaya. Dalam pantauannya kali ini, Djoko Kirmanto menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa lokasi pengerjaan proyek perbaikan jalan maupun pembangunan jembatan Kali Tenggang yang terletak di kawasan jalan Arteri Semarang. Ketika disinggung mengenai kesiapan kondisi jalan menyambut datangnya arus mudik lebaran kali ini, Djoko Kirmanto mengungkapkan, kondisi jalan saat ini sudah dapat dikatakan jauh lebih baik dibandingkan mejnelang lebaran tahun lalu. Menurutnya, "Untuk jalur Pantura Jakarta-Semarang kondisi jalan saat ini sangat berbeda dengan lebaran tahun lalu. Sehingga diharapkan hal serupa juga terjadi pada jalur Pantura Semarang-Surabaya."

Namun demikian ketika ditanya mengenai pembangunan jalan yang saat ini masih belum juga terselesaikan ia mengatakan, "Pembangunan jembatan maupun perbaikan dan pelebaran jalan ini memang tidak ada kaitannya dengan lebaran. Artinya, pengerjaan proyek ini merupakan program nasional yang lebih berorientasi jangka panjang. Sehingga ini merupakan program yang terus berkelanjutan."

Lebih lanjut, Djoko Kirmanto menjelaskan bahwa pengerjaan proyek ini akan dihentikan sementara H-10 sebelum lebaran. Hal ini sebagai upaya untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran kali ini. [Robert Dahlan Al Sadani]

Komentar