21 Januari 2009

Cuaca Buruk, Ratusan Kapal Nelayan Tak Melaut

Cuaca buruk yang terjadi di perairan laut jawa akhir-akhir ini, nampaknya sangat berpengaruh terhadap kehidupan nelayan kota Pekalongan. Bahkan, hingga saat ini ribuan nelayan terpaksa harus menambatkan kapal-kapal mereka di pelabuhan Nusantara Pekalongan. Tentunya aktivitas mereka saat ini bahkan nyaris dapat dibilang tidak ada. Sebab, umumnya menjadi nelayan sudah menjadi pekerjaan pokok bagi ribuan nelayan di kota Batik ini.


Beberapa dari mereka juga terlihat hanya menikmati masa pacekli ini dengan duduk-duduk santai di kawanan pelabuhan sembari menighisap rokok mereka. Tiko salah seorang nelayan menuturkan meski kondisi tinggi gelombang di kawasan pantai cukup aman dengan ketinggian antara 1,5 hingga 2 meter, namun hal tersebut belum dapat memastikan kondisi cuaca di kawasan lepas pantai di perairan utara laut Jawa. Sehingga ia beserta kawan seprofesinya memilih untuk tidak melaut.


"Ya kalau kondisi gelombang di pantai bagi nelayan ini aman. Tapi kan nggak tahu apakah di utara sana cuaca juga baik." katanya.


Lantas ketika disinggung mengenai bagaimana langkah penyelamatan yang biasa mereka lakukan ketika mereka telanjur melaut. Tiko menjawab ,"Biasanya kami hanya merapat di pulau-pulau terdekat. Dengan bekal yang kami miliki kami bertahan di sana menunggu ombak baik kembali. Bahkan kondisi semacam ini bisa terjadi cukup lama."

Tiko menambahkan , dirinya selama 10 hari ini tidak dapat melaut. Selain dikarenakan faktor cuaca, hal ini juga disebabkan adanya pendangkalan di muara yang selama ini dijadikan lalu lintas kapal-kapal nelayan . "Lah bos-bos kami itu kan khawatir kalau berangkat, kapal kami malah yang kena gara-gara pendangkalan muara itu."

Tidak ada komentar:

Self Potrait

Indonesia Raya

My Beauty Momment

My Movie

Potret Diri

Jendela Hati

Jendela Hati
Ketika ungkapan tak cukup mewakili kata, Hanya mata kita yang mampu mengetuk hati yang sunyi oleh kebisuan. Dan biar saja sepi terus mengalunkan nada sendu. Sebab, mungkin tak ada kata yang paling tepat untuk membahasakannya. Tentang apapun itu......